Pages

حي على الفلاح

حي على الفلاح
Menang bukan berarti tidak pernah kalah, tetapi menang berarti tidak pernah menyerah

Suku dan Marga

Sejak saya mulai merantau, tepatnya bulan Juni 2011. Kecintaan saya dengan budaya Minangkabau semakin hari semakin bertambah. Bahkan tidak hanya saya sebagai orang Minangkabau, Salah seorang ilmuwan budaya Perancis, Gérard Moussay menulis buku yang berjudul "La Langue Minangkabau" yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia "Tata Bahasa Minangkabau" (ada di perpustakaan pusat UI).
Beliau jatuh cinta dengan kebudayaan Minangkabau setelah cukup lama menetap di Ranah Minang. Salah satunya karena setiap orang Minangkabau memiliki Suku yang tidak dimiliki budaya lainnya. Pernah sekali, statement saya ditentang oleh orang Batak. Mereka bilang kalau Batak juga punya semacam suku itu, tetapi namanya Marga. Inilah yang membuat saya tertarik untuk membuat tulisan ini.

Ditinjau dari Ilmu Taksonomi, suku berarti Familia. Sementara marga berarti Genus. Contohnya saja kelapa yang memiliki urutan taksonomi sebagai berikut :
Divisi:Magnoliophyta
Kelas:Liliopsida
Bangsa:Arecales
Suku:Arecaceae
Marga:Cocos
Jenis:Cocos nucifera L.


Artinya, Suku memiliki cakupan yang lebih tinggi daripada Marga. Tentu, Marga di Batak tidak bisa disamakan dengan Suku di Minangkabau. Selain itu, Marga merupakan bagian dari nama orang Batak. Misalnya, Ruhut Sitompul, Mesya Siregar, Lia Simanjuntak. Sementara Suku tidak dimasukkan ke dalam nama seseorang. Hal ini sesungguhnya sudah sesuai dengan aturan taksonomi di atas, dimana nama latin kelapa adalah Cocos nucifera. Cocos adalah marga dari kelapa dan ditulis di dalam namanya. Sementara sukunya, Arecaceae, tidak ditulis di dalam namanya.

Mari kita tinjau dari segi ilmu budaya. Minangkabau merupakan satu-satunya kebudayaan yang menganut sistem Matrilinial. Artinya, garis keturunan berdasarkan ibu. Suku pun diwariskan oleh ibu kepada anak-anaknya. Sementara marga diwariskan berdasarkan keturunan bapak (Patrilinial).

Jangan salah kaprah lagi ya antara suku dan marga. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar